Beberapa Tips tentang Cara Melakukan Kegiatan Membangun Tim Building

Inilah Beberapa Tips tentang Cara Melakukan Kegiatan Membangun Tim Building. Kegiatan membangun tim membantu tim belajar dan tumbuh. Penting untuk mendidik tim dalam konsep tim dan membantu mereka dengan proses kerja selama semua tahap pengembangan tim. Untuk tim-tim terkemuka itu, beberapa tips tentang perencanaan kegiatan membangun tim dapat menjadi alat untuk kesuksesan tim.

Pertama, tentukan tujuan kegiatan pembangunan tim untuk menentukan apakah itu dapat menjadi bagian dari rapat atau harus menjadi acara terpisah. Apakah kegiatan tersebut untuk memperkenalkan topik, mengomunikasikan poin, meningkatkan hubungan, meninjau pelatihan sebelumnya atau mengajarkan teknik baru? Semua ini dapat dilakukan dalam sebuah pertemuan selama lingkungan yang aman dan waktu yang cukup disediakan. Kalau tidak, rencanakan acara khusus sehingga pekerjaan lain tidak mengganggu proses pembelajaran.

Putuskan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk kegiatan membangun tim dan kapan akan lebih baik untuk melakukannya. Jika kegiatan tersebut menjadi bagian dari rapat tim, rencanakan untuk tempat yang tepat pada agenda rapat khusus. Pada awal agenda adalah saat yang tepat untuk jenis kegiatan “mengenal Anda” dan pemecah es, atau meninjau kembali poin dari kursus pelatihan baru-baru ini. Jika topik yang tidak kontroversial akan disajikan atau teknik baru diajarkan selama beberapa menit pertemuan, mereka dapat masuk ke mana saja dalam agenda di mana itu perlu terjadi. Misalnya jika proses pengambilan keputusan baru harus diajarkan, jelaskan sebelum tim perlu menggunakannya untuk membuat keputusan. Menerapkan teknik segera untuk bekerja membuatnya lebih bermakna. Memperkenalkan konsep pelatihan baru yang tidak akan digunakan dalam rapat harus terjadi menjelang akhir waktu pertemuan.

Jika waktu / tanggal untuk membangun tim harus di luar pertemuan tim reguler, rencanakan sesi pelatihan khusus atau acara pembentukan tim. Ini akan membutuhkan kerja ekstra oleh anggota tim atau pemimpin untuk menemukan tanggal yang baik dan lokasi yang memenuhi kebutuhan kegiatan yang harus dilakukan. Tentukan kegiatan sebelum memilih lokasi atau penjadwalan ulang mungkin diperlukan untuk memenuhi persyaratan fisik. Dalam memilih suatu kegiatan untuk acara atau pelatihan, pertimbangkan segala keterbatasan fisik anggota tim. Saat merencanakan acara pembangunan tim multi-latihan, aktivitas yang dapat diikuti oleh setiap anggota tim harus dipertimbangkan sebelum yang mungkin mengharuskan anggota untuk “duduk” selama latihan karena mungkin membuat mereka merasa dikucilkan.

Temukan kegiatan atau latihan yang paling baik menunjukkan poin pelatihan yang dimaksud atau mencontohkan konsep tim yang diinginkan. Kemudian persempit daftar seleksi yang mana yang terbaik untuk digunakan berdasarkan bahan yang diperlukan, waktu yang tersedia, relevansi dengan tim tertentu, dan faktor kesenangan. Ini adalah kunci sukses untuk acara pengembangan tim menjadi menyenangkan sekaligus informatif. Dalam pertemuan, menyenangkan untuk memiliki aktivitas yang menyenangkan tetapi relevansi untuk bekerja di tangan akan lebih berarti bagi tim, jadi bertujuan untuk relevan terlebih dahulu dan keduanya bila memungkinkan.

Sebelum tanggal pertemuan, sesi pelatihan, atau acara pembentukan tim: putuskan siapa yang akan memfasilitasi, mengundang peserta, menyediakan agenda jika perlu, dan mengumpulkan persediaan yang diperlukan. Jika ini adalah sesi khusus dan bukan pertemuan tim, mungkin akan lebih menyenangkan untuk mengejutkan tim dengan agenda di awal daripada di muka. Jika memfasilitasi kegiatan, datanglah lebih awal dan bersiaplah dengan semua bahan yang diperlukan. Jika ada orang lain yang memfasilitasi, maka pastikan mereka memahami harapan yang harus mereka penuhi, serta kapan harus ke sana dan ke mana harus pergi. Mungkin bermanfaat jika seseorang dari luar tim memfasilitasi jika kegiatan tersebut membutuhkan pelatihan, fasilitas, atau bahan khusus yang tidak dimiliki oleh anggota tim.

Gunakan tips ini ketika merencanakan untuk melakukan semua jenis aktivitas tim. Pembelajaran berkelanjutan akan memotivasi tim untuk berkontribusi hasil yang lebih baik saat mereka dewasa dan bergerak melalui berbagai tahap.

Keuntungan Membangun Team Building Perusahaan
Jika Anda melihat perusahaan menghasilkan keuntungan luar biasa, Anda selalu dapat menemukan tim yang baik, pekerja keras, dan berdedikasi di balik semua kesuksesan. Keuntungan dari acara pembentukan tim sangat banyak sehingga hampir semua perusahaan telah memasukkan strategi dan jadwal pembangunan tim ke dalam kurikulum pelatihan standar mereka. Hampir semua keuntungan membangun tim perusahaan diperhatikan dalam jangka panjang. Membangun tim perusahaan memastikan tenaga kerja puas yang didedikasikan untuk perusahaan.

Membangun tim perusahaan bermanfaat bagi semua jenis perusahaan, kecil, menengah atau besar. Di perusahaan skala kecil, pekerja seringkali harus melakukan lebih dari satu tugas; oleh karena itu pelatihan dan pembangunan tim menjadi lebih penting. Dalam perusahaan berskala besar, individu tidak dapat mencapai hasil terbaik, kecuali jika mereka tergabung dalam tim dan lingkungan kerja yang baik. Membangun tim perusahaan meminimalkan pengeluaran dan konsumsi waktu untuk merekrut dan melatih staf baru.

Pembangun tim selalu memastikan peningkatan produktivitas, kompetensi, dan peningkatan laba. Keuntungan membangun istilah perusahaan mencakup peningkatan moralitas dan keterampilan kepemimpinan, kemampuan untuk mengatasi hambatan, tujuan dan sasaran yang jelas, dan pemahaman yang lebih baik tentang proses dan prosedur. Semangat tim yang baru dicapai tidak akan membiarkan tim dikecewakan. Anggota tim akan melawan rintangan dan tantangan sebagai satu kesatuan.

Semua acara pembentukan tim perusahaan adalah penyedia hiburan yang luar biasa, sama seperti liburan keluarga atau perjalanan wisata. Acara ini memberikan pengalaman realistis yang memberdayakan anggota untuk berkontribusi pada tujuan bersama. Acara membangun tim perusahaan juga memberikan peluang besar bagi anggota tim untuk saling mengenal dan menjalin hubungan kerja yang efektif.

Praktik membangun tim ini juga dapat meningkatkan kehidupan pribadi anggota karena ia memiliki kemampuan yang lebih baik untuk berpikir dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Keahlian komunikasi yang ditingkatkan, konsentrasi, pengambilan keputusan, minimalisasi stres dan kepercayaan diri memberikan rasa nyaman bagi semua anggota tim.

Membangun tim perusahaan yang efektif memastikan lebih banyak dukungan bagi perusahaan dan upaya manajemen proyek, komunikasi yang lebih baik, penyelesaian konflik yang lebih cepat dan lebih baik, rasa tujuan dan kepuasan kerja pribadi.